29.9.09

Hasil Konsul di Inten

Yaaa, tempat bimbel gue yang satu ini di luar dugaan care nya! Mereka menyelipkan jam "konseling" diantara jam2 untuk pendalaman materi. Kita bener-bener ga hanya disiapkan secara otak dan ditanami bahan-bahan ujian aja, tapi disiapkan secara mental. Dan ini benar-benar bekerja, karna mereka ga asal ngambil orang untuk program ini. Guru konseling gue, kalo ga salah namanya Ka Mario, lulusan Psikologi UI meeeen. Dan diantara banyaknya hal penting yang dia kasih ke kita, ada dua yang menurut gue bener-bener harus diingat!

1. Segala hal yang kita lakuin sekarang intinya adalah USAHA dan HASIL. Dan point penting yang perlu diingat adalah : tugas kita hanyalah berusaha dan berdoa tentunyaa. HASIL adalah urusan Tuhan. Jadi lakuin semua semaksimal yang lo bisa, dan berdoa setiap lo solat. Setelah itu Allah akan memberikan lo hasilnya :) Jadi, ga perlu lah lo bilang "ah gue ga mungkin masuk kedokteran UI!" dsb. Toh, Tuhan yang menentukan, lo hanya berusaha dan minta sama Dia.

2. Jangan pernah mau terbawa sama kejadian-kejadian sekitar yang ga begitu penting, yang membuat emosi lo ikutan terbawa dan akhirnya : konsentrasi mengenai PTN lo pecah. Contoh : orangtua lo marah karna ngeliat hasil try out lo yang jelek, yang lo perlu lakuin hanya mengikuti alur yang mereka buat. Kalau mereka marah-marah bertingkah lah lo sangat menyesal, tapi itu hanya "acting", emosi penyesalan lo jangan sampe lo bawa-bawa ke mood lo. Tujuannya hanya untuk orangtua kita melihat kita mengikuti alurnya untuk menyesal dengan nilai try out yang jelek. Tapi, jangan pernah sekali-sekali ikutin emosi penyesalan lo, soalnya kalau lo cuma bisa nyesel kelamaaaaaaaaaan, kapan dong lo mau benerin nilai try out lo? Dengan ikutan terbawa arus emosi, itu cuma nambahin sugesti yang negatif-negatif aja ke otak lo, bahwa "tryout gue jelek, apalagi kalo UMB, udah pasti ga keterima!" -Justru hal inilah penghambat nomor satu lo menembus PTN.

Intinya, se gak suka apapun lo dengan materi yang salah satunya akan diujikan, ketika guru menerangkan yang lo perlu lakukan hanya fokus. Pastinya memori otak di bawah sadar lo akan mengingat itu. Dan sugesti kan segala hal positif dalam diri lo ya :) Goodluck, on the way PTN bersama-samaaaaaaa -amin ya Allaaah

No comments:

Post a Comment